Sabtu, 08 Desember 2007

Dosa Chatting Hantui Wanita




New York - Sebuah survei yang dilakukan Burst Media terhadap 11.510 pengguna situs berusia minimal 18 tahun menunjukkan bahwa 26,2 persen dari total jam kerja dihabiskan untuk melakukan aktivitas pribadi yang tidak berhubungan dengan urusan pekerjaan. Misalnya, membuka situs jejaring sosial (Facebook, MySpace), Yahoo Messenger, YouTube, Forum, dan sebagainya.

Bahkan karyawan dengan rentang usia 18-24 tahun, menghabiskan tidak kurang dari 34,4 persen jam kerjanya untuk aktivitas pribadi. Kaum pria memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk melakukan aktivitas ini, dengan perbandingan, responden wanita sebanyak 24,2 persen, sementara pria 28 persen.

Parahnya, banyak karyawan yang tidak merasa bersalah karena telah menghabiskan jam kerja untuk mengakses hal-hal di luar urusan kerja. Dari survei terungkap bahwa lebih banyak wanita yang dihantui rasa bersalah (31,7 persen) setelah keasyikan chatting ketimbang karyawan pria (25,6 persen), demikian seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Jumat (7/12/2007).

Oleh karena itu, beberapa perusahaan memutuskan memblokir situs-situs yang sering diakses oleh para karyawan, yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Karena kebiasaan buruk para karyawan tersebut dinilai menurunkan produktivitas kerja. ( wsh / wsh )